STATUS SOSIAL EKONOMI DENGAN PENGGUNAAN KB IMPLAN PADA WANITA PUS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LOA BUAH TAHUN 2017

SOCIAL ECONOMIC STATUS WITH THE USE OF IMPLANT KB ON PUBLIC WOMEN IN THE WORK AREA OF THE LOA BUAH PUSKESMAS IN 2017

Keywords: Status sosial ekonomi,, kontrasepsi,, implant

Abstract

Meskipun program KB dinyatakan cukup berhasil di Indonesia, namun hingga saat ini juga masih mengalami hambatan-hambatan antara lain adalah masih banyak Pasangan Usia Subur (PUS) yang masih belum menjadi peserta KB. Banyak perempuan yang mengalami kesulitan dalam menentukan pilihan jenis kontrasepsi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisakorelasi status sosial ekonomi dengan penggunaan KB Implan pada wanita PUS di wilayah kerja Puskesmas Loa Buah tahun 2017. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Cross Sectional dan teknik pengumpulan data berupa angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wanita pasangan usia subur akseptor KB di wilayah kerja Puskesmas Loa Buah yaitu sebanyak 801 orang. Variabel yang diteliti adalah status sosial ekonomi sebagai variabel bebas dan penggunaan KB Implan sebagai variabel terikat. Data diuji dengan distribusi frekuensi dan Chi Square (X2). Dari penelitian variabel tingkat pendidikan dengan kunjungan ke posyandu didapatkan hasil X2hitung= 7,1 lebih dari X2tabel= 3,84 dan Pvalue= 0,003 pada α 5%. Sehingga dapat di simpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara hubungan status sosial ekonomi dengan penggunaan KB Implan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-08
How to Cite
Fijri, B., Fauziah, F., & Rahmawati, R. (2018). STATUS SOSIAL EKONOMI DENGAN PENGGUNAAN KB IMPLAN PADA WANITA PUS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LOA BUAH TAHUN 2017. Bunda Edu-Midwifery Journal (BEMJ), 1(1), 19 - 22. Retrieved from https://bemj.e-journal.id/BEMJ/article/view/14
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.