FAKTOR RESIKO YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN INFERTILITAS PRIMER PADA WANITA USIA SUBUR DI KOTA SAMARINDA TAHUN 2020

RISK FACTORS RELATED TO THE EVENT OF PRIMARY INFERTILITY IN WOMEN OF RELIABLE AGE IN THE CITY OF SAMARINDA IN 2020

  • Fauziah Fauziah Akademi Kebidanan Bunga Husada
  • Rahmawati Rahmawati Akademi Kebidanan Bunga Husada
  • Fitriana Fitriana Akademi Kebidanan Bunga Husada
Keywords: infertilitas primer, usia, obesitas

Abstract

Sebagian besar pasangan di dunia hampir semua mengiginkan kehadiran seorang anak, namun tidak semua perkawinan beruntung memiliki keturunan. Infertilitas menjadi salah satu gangguan reproduksi yang kadang terjadi. Di mana Infertilitas merupakan masalah yang di hadapi pasangan suami istri yang telah menikah selama minimal satu tahun tanpa kontrasepsi, dengan melakukan hubungan suami istri rutin tetapi belum berhasil mendapatkan kehamilan.

Infertilitas pada wanita dibedakan atas infertilitas primer dan infertilitas sekunder. World Health Organization (WHO) mengatakan bahwa jumlah pasangan infertil sebanyak 36% diakibatkan adanya kelainan pada pria, sedangkan 64% berada pada wanita. Diatara faktor risiko yang menjadi penyebab infertilitas primer, seperti usia dan obesitas. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui hubungan antara usia dan obesitas dengan kasus infertilitas primer di RS. Siaga Al Munawarroh Ramania Samarinda, pelitian ini merupakan penelitian analitik dengan desain cross-sectional. Sampel yang digunakan adalah 50 wanita terdiri dari 25 pasien infertilitas primer dan 25 pasien tidak infertil. Data diambil dari rekam medis pasien di Poli Kandungan, RS. Siaga Al Munawaroh dari bulan Desember 2019 s/d Januari 2020 . Pada penelitian ini menggunakan variabel usia dan obesitas. Hasil bivariat menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang berarti antara usia dan infertilitas primer (p = 0,572) serta keterkaitan yang tidak terlalu berarti antara obesitas dengan infertilitas (p = 0,235). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kedua variabel yang diteliti tidak ada keterkaitan yang berarti dengan infertilitas primer namun obesitas menjadi faktor yang perlu diwaspadai karena kelebihan berat badan cukup untuk meningkatkan risiko gangguan metabolisme.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-02-29
How to Cite
Fauziah, F., Rahmawati, R., & Fitriana, F. (2020). FAKTOR RESIKO YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN INFERTILITAS PRIMER PADA WANITA USIA SUBUR DI KOTA SAMARINDA TAHUN 2020. Bunda Edu-Midwifery Journal (BEMJ), 3(1), 30-34. Retrieved from https://bemj.e-journal.id/BEMJ/article/view/20
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.