HUBUNGAN PERAN BIDAN SEBAGAI PEMBERI INFORMASI DENGAN KEPATUHAN IBU HAMIL DALAM MELAKUKAN IMUNISASI TT DI PUSKESMAS JUANDA SAMARINDA

RELATIONSHIP OF THE ROLE OF THE MIDWIFE AS A PROVIDER OF INFORMATION WITH THE COMPLIANCE OF PREGNANT MOTHERS IN IMMUNIZATION TT IN JUANDA PUSKESMAS SAMARINDA

  • Fauziah Fauziah Akademi Kebidanan Bunga Husada
  • Mardianti Rombebua Siampa Akademi Kebidanan Bunga Husada
Keywords: Peran Bidan, Kepatuhan Ibu Hamil, Imunisasi TT

Abstract

Latar Belakang: Program imunisasi merupakan salah satu program penting di sektor kesehatan. Program imunisasi ini bertujuan untuk menurunkan angka kesakitan, kecacatan dan kematian dari penyakit-penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. Salah satu program imunisasi penting yang di anjurkan pemerintah adalah imunisasi TT (Tetanus Toksoid) yang merupakan proses untuk membangun kekebalan sebagai upaya pencegahan terhadap infeksi tetanus. Imunisasi TT ini bisa diberikan pada ibu hamil trimester I sampai dengan trimester III. Walaupun program imunisasi telah dilaksanakan, jangkauan imunisasi TT bagi ibu hamil masih jauh dari harapan. Faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya jangkauan imunisasi TT adalah kurangnya kegiatan promosi kesehatan di Puskesmas serta rendahnya pengetahuan masyarakat terhadap imunisasi TT walaupun imunisasi tersebut dapat diperoleh secara gratis di tempat pelayanan kesehatan pemerintah.

Tujuan: untuk mengetahui hubungan peran Bidan sebagai pemberi informasi dengan kepatuhan ibu hamil dalam melakukan imunisasi TT di Puskesmas Juanda.

Metode: menggunakan rancangan penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional dengan teknik analisis yang digunakan adalah analisa univariat deskriptif dan analisa bivariat. Adapun jumlah sampel yang akan dijadikan responden pada penelitian ini sebesar 20 orang.

Hasil: Hasil uji Chi-Square menunjukkan nilai P value = 0,01 maka menunjukkan hasil signifikan lebih kecil dari 0,05 (0,01 kurang dari 0,05).

Kesimpulan: ada hubungan yang signifikan antara peran bidan sebagai pemberi informasi dengan kepatuhan ibu hamil dalam melakukan imunisasi TT.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-30
How to Cite
Fauziah, F., & Siampa, M. (2019). HUBUNGAN PERAN BIDAN SEBAGAI PEMBERI INFORMASI DENGAN KEPATUHAN IBU HAMIL DALAM MELAKUKAN IMUNISASI TT DI PUSKESMAS JUANDA SAMARINDA. Bunda Edu-Midwifery Journal (BEMJ), 2(2), 35-40. Retrieved from https://bemj.e-journal.id/BEMJ/article/view/7
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.