HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN KEJADIAN ANEMIA PADA REMAJA PUTRI DI JALAN ERY SUPARJAN KELURAHAN SEMPAJA UTARA KOTA SAMARINDA TAHUN 2023

THE RELATIONSHIP BETWEEN NUTRITIONAL STATUS AND THE INCIDENCE OF ANEMIA IN ADOLESCENT WOMEN IN ERY SUPARJAN STREET, SEMPAJA UTARA VILLAGE, SAMARINDA CITY IN 2023

  • Rahmawati Rahmawati Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mutiara Mahakam Samarinda
  • Fauziah Fauziah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mutiara Mahakam Samarinda
Keywords: Status gizi, Kejadian Anemia

Abstract

Latar Belakang : Status gizi merupakan suatu inti dari kehidupan remaja putri. Gizi yang tidak seimbang merupakan penyebab anemia. Remaja putri membutuhkan zat gizi yang baik untuk mengatasi pertumbuhan yang baik dan risiko kesehatan yang lain yang dapat meningkatkan kebutuhan gizi remaja. Anemia adalah suatu kondisi berkurangnya jumlah hemoglobin dari normal. Dampak anemia pada remaja putri adalah terhambatnya masa pertumbuhan pada remaja putri, mudah terinfeksi, dan menurunkan konsentrasi dalam belajar. Menurut WHO tahun 2015 membuktikan prevalensi di dunia berkisar 40-88%. Dampak anemia pada remaja putri yaitu terhambatnya pertumbuhan, mudah terinfeksi , dan mengganggu prestasi belajar pada remaja putri.

Tujuan Penelitian : Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan status gizi dengan kejadian anemia pada remaja putri di Jalan Ery Suparjan Kelurahan Sempaja Utara Kota Samarinda Tahun 2023.

Metode Penelitian : Penelitian ini adalah jenis kuantitatif yang bersifat observasi analitik dengan rancangan penelitian cross sectional. Populasi penelitian ini adalah remaja putri di Jalan Ery Suparjan Kelurahan Sempaja Utara Kota Samarinda  menggunakan teknik Probability Sampling jenis Simple Random Sampling.

Hasil Penelitian : Analisis secara bivariat dengan menggunakan uji statistic Chi-square test. Diperoleh nilai p-value 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak. Terdapat hubungan yang signifikan antara status gizi dengan kejadian anemia pada remaja putri di Jalan Ery Suparjan Kelurahan Sempaja Utara Kota Samarinda Tahun 2023.

Kesimpulan : Ada hubungan antara status gizi dengan kejadian anemia pada remaja putri di Jalan Ery Suparjan Kelurahan Sempaja Utara Kota Samarinda Tahun 2023.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-02-01
How to Cite
Rahmawati, R., & Fauziah, F. (2024). HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN KEJADIAN ANEMIA PADA REMAJA PUTRI DI JALAN ERY SUPARJAN KELURAHAN SEMPAJA UTARA KOTA SAMARINDA TAHUN 2023. Bunda Edu-Midwifery Journal (BEMJ), 7(1), 1-11. https://doi.org/10.54100/bemj.v7i1.82
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.