HUBUNGAN PENGETAHUAN PUS TENTANG IUD DENGAN PENGGUNAAN ALAT KONTRASEPSI IUD PADA AKSEPTOR KB DI DESA PAGAR JAYA KECAMATAN LAMBU KIBANG KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT TAHUN 2022

RELATIONSHIP KNOWLEDGE OF PUS ABOUT IUD WITH USE OF IUD CONTRACEPTIVE DEVICES IN KB ACCEPTERS IN PAGAR JAYA VILLAGE, LAMBU KIBANG SUB-DISTRICT, TULANG BAWANG BARAT DISTRICT, 2022

  • Efrilayani Lubis Akademi Kebidanan Patriot Bangsa Husada
  • Wahidiyah Sugiarti Akademi Kebidanan Patriot Bangsa Husada
  • Fauziah Fauziah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mutiara Mahakam
Keywords: Pengetahuan, IUD

Abstract

IUD merupakan salah satu alat kontrasepsi jangka panjang yang bagi banyak kaum wanita merupakan alat kontrasepsi yang terbaik. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi keikutsertaan wanita PUS dalam penggunaan KB IUD yaitu, faktor umur, pengetahuan, usia anak terkecil, tujuan reproduksi, frekuensi hubungan kelamin, hubungan dengan pasangan. Wilayah Tulang Bawang Barat cakupan KontrasepsiIUD 3,6% dari target 25,9% . Desa Pagar Jaya untuk jumlah peserta KB IUD tahun 2020 mencapai 6,8%, dan tahun 2021 menurun 6,3%. Penyebab dari hal ini adalah ketidaktahuan PUS tentang KB IUD dan masih banyaknya PUS yang nmenganggap dampak dari pemakaian IUD seperti rasa tidak nyaman saat berhubungan,kemungkinan terlepasnya IUD setelah pemasangan atau selama pemakaian sehingga PUS enggan menggunakan KB IUD.Penelitian ini bertujuan diketahui hubungan Pengetahuan PUS tentang IUD dengan Penggunaan Alat Kontrasepsi Intra Uteri Device (IUD) pada Akseptor KB  di Desa Pagar Jayatahun 2022.

Jenis penelitian yang digunakan adalah Analitik dengan pendekatan Cross Sectional,Variabel independen adalah pengetahuan ibu PUS dan variabel dependen adalah penggunaan alat kontrasepsi IUD. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh PUS yang ada di Desa Pagar Jaya yaitu sebanyak 540 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 orang. Teknik sampling yang digunakan  yaitu sistematik random sampling. Pengumpulan data dengan angket menggunakan kuesioner, analisis univariat dan bivariat menggunakan chi square test.

Hasil penelitian Sebagian besar responden tidak menggunakan KB IUD yaitu 66,2%. Sebagian besar responden memiliki pengetahuan kurang baik tentang kontrasepsi IUD yaitu 65%.Hasil analisis antara pengetahuan dengan penggunaan kontrasepsi IUD dapat dilihat dari nilai p value 0,000.

Dapat disimpulkan ada hubungan antara pengetahuan dengan penggunaan kontrasepsi IUD. Disarankan untuk meningkatkan pengetahuan ibu dengan memberikan penyuluhan tentang kontrasepsi IUD dan konseling kepada PUS tentang KB IUD.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-02-28
How to Cite
Lubis, E., Sugiarti, W., & Fauziah, F. (2023). HUBUNGAN PENGETAHUAN PUS TENTANG IUD DENGAN PENGGUNAAN ALAT KONTRASEPSI IUD PADA AKSEPTOR KB DI DESA PAGAR JAYA KECAMATAN LAMBU KIBANG KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT TAHUN 2022. Bunda Edu-Midwifery Journal (BEMJ), 6(1), 11-18. https://doi.org/10.54100/bemj.v6i1.83
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.