HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK BIDAN TERHADAP KEPUASAN IBU BERSALIN DI BPM MM KOTA SERANG
RELATIONSHIP BETWEEN MIDWIFERY THERAPEUTIC COMMUNICATION TO MATERNAL SATISFACTION IN BPM MM KOTA SERANG
DOI:
https://doi.org/10.54100/bemj.v4i2.55Keywords:
Komunikasi Terapeutik, KepuasanAbstract
Kepuasan didefinisikan sebagai tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja (hasil) yang dirasakan dengan harapannya, kepuasan pelanggan merupakan tujuan utama pelayanan prima sehingga setiap aparatur pelayanan berkewajiban untuk berupaya memuaskan pelanggannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan komunikasi terapeutik dengan kepuasan ibu bersalin. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien ibu bersalin di BPM MM Kota Serang. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling diperoleh pada bulan April sampai bulan Mei sebanyak 23 ibu bersalin. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Hasil yang peneliti dapatkan ada hubungan komunikasi terapeutik terhadap kepuasan ibu bersalin di BPM MM Kota Serang tahun 2021. Hasil penelitian distribusi frekuensi dapat ditentukan dari 23 responden menunjukan bahwa pasien yang mempunyai kepuasan kurang sebanyak 10 responden dengan persentase 56,9% sedangkan kepuasan baik sebanyak 13 responden dengan persentase 43,1%. Pasien yang mendapatkan komunikasi terapeutik rendah sebanyak 10 responden dengan persentase 56,9% sedangkan pasien dengan mendapatkan mutu layanan yang tinggi sebanyak 13 responden dengan persentase 43,1%. Diharapkan tenaga Kesehatan khususnya bidan mampu memberikan pelayanan asuhan saying ibu pada saat menolong persalinan, komunikasi adalah hal yang mendasar terhadap kepuasan pasien.