HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK BIDAN TERHADAP KEPUASAN IBU BERSALIN DI BPM MM KOTA SERANG

RELATIONSHIP BETWEEN MIDWIFERY THERAPEUTIC COMMUNICATION TO MATERNAL SATISFACTION IN BPM MM KOTA SERANG

  • Lusy Pratiwi
Keywords: Komunikasi Terapeutik, Kepuasan

Abstract

Kepuasan didefinisikan sebagai tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja (hasil) yang dirasakan dengan harapannya, kepuasan pelanggan merupakan tujuan utama pelayanan prima sehingga setiap aparatur pelayanan berkewajiban untuk berupaya memuaskan pelanggannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan komunikasi terapeutik dengan kepuasan ibu bersalin. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien ibu bersalin di BPM MM Kota Serang. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling diperoleh pada bulan April sampai bulan Mei sebanyak 23 ibu bersalin. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Hasil yang peneliti dapatkan ada hubungan komunikasi terapeutik terhadap kepuasan ibu bersalin di BPM MM Kota Serang tahun 2021. Hasil penelitian distribusi frekuensi dapat ditentukan dari 23 responden menunjukan bahwa pasien yang mempunyai kepuasan kurang sebanyak 10 responden dengan persentase 56,9% sedangkan kepuasan baik sebanyak 13 responden dengan persentase 43,1%. Pasien yang mendapatkan komunikasi terapeutik rendah sebanyak 10 responden dengan persentase 56,9% sedangkan pasien dengan mendapatkan mutu layanan yang tinggi sebanyak 13 responden dengan persentase 43,1%. Diharapkan tenaga Kesehatan khususnya bidan mampu memberikan pelayanan asuhan saying ibu pada saat menolong persalinan, komunikasi adalah hal yang mendasar terhadap kepuasan pasien.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-09-30
How to Cite
Pratiwi, L. (2021). HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK BIDAN TERHADAP KEPUASAN IBU BERSALIN DI BPM MM KOTA SERANG. Bunda Edu-Midwifery Journal (BEMJ), 4(2), 44-48. https://doi.org/10.54100/bemj.v4i2.55

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.