PENGARUH MUTU LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PASIEN DI RS ISLAM KOTA TASIKMALAYA
THE INFLUENCE OF QUALITY OF SERVICE ON PATIENT LOYALTY IN ISLAMIC HOSPITAL IN TASIKMALAYA CITY
Keywords:
Mutu Layanan, LoyalitasAbstract
Loyalitas pasien sangat penting dalam era persaingan yang ketat seperti sekarang. Loyalitas pasien adalah komitmen pasien terhadap suatu merk, produk atau jasa berdasarkan sikap positif yang tercermin dalam pembelian ulang yang konsisten Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung serta besarannya mutu layanan terhadap loyalitas pasien rawat jalan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien rawat jalan di Rumah Sakit Islam Tasikmalaya yang telah berkunjung lebih dari tiga kali. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling diperoleh selama bulan Desember sebanyak 100 pasien. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Hasil yang peneliti dapatkan ada pengaruh mutu layanan sebesar 17,35 terhadap loyalitas pasien rawat jalan. Model mampu menjelaskan variabilitas data sebesar 99,92%, sedangkan 0,08% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Saran dalam penelitian ini adalah diharapkan manajemen Rumah Sakit Islam Tasikmalaya meningkatkan penerapan mutu layanan dengan mengedepankan mutu layanan yang diberikan oleh tenaga kesehatan kepada pasien dengan melaksanakan tugas dan wewenang disertai dengan menerapkan 5S yaitu senyum, sapa, salam, sopan dan santun kepada pasien, keluarga pasien dan lingkungan.