HUBUNGAN USIA MENARCHE, MAKANAN CEPAT SAJI (FAST FOOD), STRESS DAN OLAHRAGA DENGAN KEJADIAN DISMENOREA PADA REMAJA PUTRI DI MAN 2 LEBAK BANTEN

RELATIONSHIP OF MENARCHE AGE, FAST FOOD, STRESS AND SPORT WITH THE EVENT OF DYMENOROREA IN ADOLESCENT WOMEN IN MAN 2 LEBAK BANTEN

  • Desy Qomarasari
Keywords: menarche, fast food, stress, olahraga, dismenorea

Abstract

Dismenorea adalah rasa sakit atau nyeri pada bagian bawah perut yang terjadi saat wanita mengalami siklus menstruasi. Dismenorea disebabkan oleh hormon prostaglandin yang meningkat. Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya dismenorea yaitu menarche dini (usia pertama kali menstruasi kurang dari 12 tahun), kurang atau tidak pernah berolah raga, stress, siklus haid memanjang atau lama haid lebih dari normal (7 hari), mengkonsumsi alkohol, dan merokok.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan usia menarche, makanan cepat saji (fast food), stress dan olahraga dengan kejadian dismenorea.

Metode penelitian ini merupakan jenis penelitian observasional analitik dengan desain penelitian yang digunakan adalahcross sectional. Lokasi penelitian di MAN 2 Lebak. Populasi dalam penelitian ini yaitu remaja putri kelas X, XI dan XII yang berjumlah 163 orang. Sedangkan teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Proportional Random Sampling dengan cara undian. Jumlah sampel 105 responden. Analisis data dengan univariat dan bivariat dengan menggunakan uji statistik chi square.

Hasil penelitian ini responden dismenorea dengan nyeri kongestif (61,9%), usia menarche kurang dari 12 tahun (84,8%), mengkonsumsi makanan cepat saji (fast food) yang kurang baik (65,7%), stress (63,8%) dan jarang melakukan olahraga (81,0%). Ada hubungan usia menarche (0,022), makanan cepat saji (fast food) (0,029), stress (0,006) dan olahraga (0,015) dengan kejadian dismenorea.

Kesimpulan dari penelitian ini ada hubungan antara usia menarche, makanan cepat saji (fast food), stress dan olahraga dengan kejadian dismenorea.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-09-28
How to Cite
Qomarasari, D. (2021). HUBUNGAN USIA MENARCHE, MAKANAN CEPAT SAJI (FAST FOOD), STRESS DAN OLAHRAGA DENGAN KEJADIAN DISMENOREA PADA REMAJA PUTRI DI MAN 2 LEBAK BANTEN. Bunda Edu-Midwifery Journal (BEMJ), 4(2), 30-38. https://doi.org/10.54100/bemj.v4i2.53

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.