HUBUNGAN SIKAP IBU NIFAS DENGAN PERAWATAN LUKA PERINEUM DI PUSKESMAS CIMANGGIS KOTA DEPOK

THE RELATIONSHIP OF THE ATTITUDE OF THE POSITION MOTHER WITH THE TREATMENT OF PERINEUM WOUNDS AT CIMANGGIS PUBLIC HEALTH CENTER, DEPOK CITY

  • Desy Qomarasari Politeknik Tiara Bunda
Keywords: Sikap, perawatan luka perineum

Abstract

Infeksi masa nifas merupakan salah satu faktor utama yang berpengaruh terhadap kematian ibu. Kematian ibu dapat terjadi karena perdarahan atau sepsis sementara Robekan jalan lahir menjadi penyebab kedua dari perdarahan pasca persalinan. Infeksi pada luka perineum dapat terjadi karena kebersihan daerah perineum kurang terjaga. Misalnya, setelah BAK/BAB perineum tidak dibasuh dan dikeringkan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan sikap ibu nifas dengan perawatan luka perineum.

Metode penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional. Lokasi penelitian di Puskesmas Cimanggis. Jumlah sampel 76 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling, menggunakan data primer dengan menggunakan kuesioner. Analisis data dengan univariat dan bivariat dengan menggunakan uji statistik chi square.

Hasil penelitian ini ada hubungan yang positif dan secara statistik signifikan antara sikap ibu nifas dengan perawatan luka perineum (p = 0,000). Ibu yang mempunyai sikap positif mempunyai kemungkinan 0,69 kali lebih besar untuk melakukan perawatan luka perineum dibandingkan dengan ibu yang mempunyai sikap negatif.

Kesimpulan dari penelitian ini ada hubungan sikap ibu nifas dengan perawatan luka perineum.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-02-23
How to Cite
Qomarasari, D. (2021). HUBUNGAN SIKAP IBU NIFAS DENGAN PERAWATAN LUKA PERINEUM DI PUSKESMAS CIMANGGIS KOTA DEPOK. Bunda Edu-Midwifery Journal (BEMJ), 4(1), 9-13. Retrieved from https://bemj.e-journal.id/BEMJ/article/view/36
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.