PENGARUH TERAPI MUROTTAL TERHADAP TINGKAT KECEMASAN IBU BERSALIN DI PMB EB TAHUN 2023

THE EFFECT OF MUROTTAL THERAPY ON THE ANXIETY LEVEL OF MATERNAL WOMEN IN PMB EB IN 2023

  • Desy Qomarasari
Keywords: Terapi Murrotal Al-Qur’an, Kecemasan, Ibu bersalin

Abstract

Latar belakang : Kecemasan dapat di alami oleh seseorang pada situasi apapun terutama pada ibu yang akan menghadapi persalinan. Tingkat kecemasan pada ibu bersalin akan mempengaruhi lamanya proses persalinan. Penanganan kecemasan pada saat bersalin dapat dilakukan melalui farmakologi maupun melalui non farmakologi. Pada penelitian ini dilakukan secara non farmakologi dengan terapi murotal Al Quran.

Tujuan penelitian : tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh murottal terhadap tingkat kecemasan pada ibu bersalin.

Metode penelitian : penelitian ini menggunakan Quasi experimental design dengan rancangan one group pre and post test design dan sampel dalam penelitian ini 20 ibu bersalin dengan Teknik pengambilan sampel total sampling. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon.

Hasil penelitian : tingkat kecemasan ibu bersalin sebelum diberikan terapi murottal sebagian besar responden mengalami tingkat kecemasan sangat berat dengan persentase sebesar 60 persen dan sesudah diberikan terapi murottal tingkat kecemasan responden sebagian besar mengalami kecemasan ringan dengan persentase sebesar 50 persen. Hasil uji wilcoxon didapatkan nilai P-value (0,000 kurang dari 0,5) dan rata-rata tingkat kecemasan sebelum dan sesudah diberikan terapi murottal adalah 4.00 dan setelah diberikan terapi murottal menjadi 1.50.

Kesimpulan : terdapat   pengaruh   terapi   murrotal   terhadap   penurunan   tingkat kecemasan ibu bersalin di PMB EB.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-02-29
How to Cite
Qomarasari, D. (2024). PENGARUH TERAPI MUROTTAL TERHADAP TINGKAT KECEMASAN IBU BERSALIN DI PMB EB TAHUN 2023. Bunda Edu-Midwifery Journal (BEMJ), 7(1), 271-278. https://doi.org/10.54100/bemj.v7i1.185
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.