PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA DENGAN KEJADIAN HIV AIDS PADA REMAJA DI MA DARUL ULUM PALANGKA RAYA

KNOWLEDGE AND ATTITUDES OF TEENAGERS WITH THE INCIDENT OF HIV AIDS IN TEENAGERS IN MA DARUL ULUM PALANGKA RAYA

  • Munanadia Munanadia Akademi Kebidanan Betang Asi Raya
  • Rabiatunnisa Rabiatunnisa STIKes Eka Harap
Keywords: Pengetahuan, Sikap, Remaja, HIV/AIDS

Abstract

HIV/AIDS pada masa remaja masih menjadi masalah serius karena fenomenanya seperti gunung es, Data menunjukkan sekitar 51 persen kasus HIV terdeteksi diidap oleh remaja. Indonesia berupaya untuk mencapai Ending AIDS pada tahun 2030. Penularan HIV terjadi dinilai salah satunya karena kurangnya pengetahuan.  Remaja kurang paham terhadap pentingnya kesehatan reproduksi dan menghindari seks bebas untuk mencegah penularan HIV disertai dengan sikap yang positif. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengetahuan dan sikap remaja tentang HIV/AIDS  dan mendeskripsikan hasil dari pemeriksaan HIV serta sifilis pada siswa dan siswi di MA Darul Ulum Palangkaraya. Penelitian dengan jenis deksriptif dan pendekatan Cross Sectional dengan metode pengambilan sample adalah total sampling. Sebanyak 46 remaja dibagikan kuesioner dan dilakukan pemeriksaan dengan rapid test.  menggunakan pendekatan analisis deskriptif untuk masing-masing variable. Hasil penelitian menunjukkan 50 persen responden dengan pengetahuan baik mengenai HIV/AID, 30.4% responden dengan pengetahuan sangat baik. Remaja dengan sikap positif sebesar 84.8 persen, dan hanya sebesar 15.2 persen memiliki sikap negatif terhadap HIV/AIDS. Berdasarkan pemeriksaan Rapid test yang dilakukan diketahui bahwa tidak ditemukan kasus HIV dan sifilis pada responden. Kesimpulan : Pengetahuan dan sikap remaja mengenai HIV/AIDS sebagian besar sudah baik dan positif. Hal ini dikarenakan salah satunya adalah sumber informasi yang didapatkan tentang HIV/AIDS, masih ada remaja yang belum pernah mendapat informasi dan hamper seluruhnya mendapatkan informasi melalui media sosial.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-02-10
How to Cite
Munanadia, M., & Rabiatunnisa, R. (2024). PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA DENGAN KEJADIAN HIV AIDS PADA REMAJA DI MA DARUL ULUM PALANGKA RAYA. Bunda Edu-Midwifery Journal (BEMJ), 7(1), 166-171. https://doi.org/10.54100/bemj.v7i1.169
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.