GAMBARAN KUNJUNGAN ANTENATAL CARE DI POSYANDU KARUHEY KELURAHAN TUMBANG RUNGAN

OVERVIEW OF ANTENATAL CARE VISITS AT POSYANDU KARUHEY, TUMBANG RUNGAN VILLAGE

  • Rabiatunnisa Rabiatunnisa STIKES EKA HARAP
  • Susanti Suhartati Universitas Sari Mulia
  • Anita Anita Puskesmas Pahandut
  • Zulliati Zulliati Universitas Sari Mulia
Keywords: Susanti Suhartati, Sikap, Dukungan Suami, Antenatal Care

Abstract

Indonesia kini menjadi salah satu dari 13 negara dengan angka kematian ibu tertinggi di dunia. Tingginya Angka kematian ibu disebabkan karena adanya komplikasi-komplikasi saat kahamilan. Menurut WHO (2018) sekitar 287.000 ibu meninggal karena komplikasi kehamilan dan kelahiran anak, seperti perdarahan 28 persen, preeklampsia/eklampsia 24 persen, infeksi 11 persen, dan penyebab tidak langsung (trauma obstetri) 5 persen Salah satu upaya yang diakukan untuk menurunkan dan mencegah terjadinya komplikasi saat melahirkan dengan melakukan pemeriksaan kehamilan (Antenatal care) secara rutin. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui gambaran kunjungan antenatal care di Posyandu Karuhey Kelurahan Tumbang Rungan. Penelitian ini adalah studi deskriptif yaitu peneliti menyelidiki gambaran kunjungan antenatal care di Posyandu Karuhey Kelurahan Tumbang Rungan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling sebanyak 7 ibu hamil. Kemudian seluruh ibu hamil diberikan kuesioner tentang pemeriksaan antenatal care. Hasil penelitian didapatkan bahwa sebagian besar ibu hamil berpengetahuan rendah 71,4 persen, mempunyai sikap negatif 57 persen, penghasilan keluarga kurang dari UMR 57 persen, suami tidak mendukung 57 persen dan kunjungan antenatal care tidak sesuai jadwal 57 persen. Kesimpulan: masih terdapat ibu hamil dengan pengetahuan rendah dan bersikap negative, tidak mendapat dukungan dari suami serta melakukan kunjungan antenatal care tidak sesuai jadwal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-02-16
How to Cite
Rabiatunnisa, R., Suhartati, S., Anita, A., & Zulliati, Z. (2024). GAMBARAN KUNJUNGAN ANTENATAL CARE DI POSYANDU KARUHEY KELURAHAN TUMBANG RUNGAN. Bunda Edu-Midwifery Journal (BEMJ), 7(1), 213-220. https://doi.org/10.54100/bemj.v7i1.179
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.