EFEKTIVITAS PRENATAL YOGA TERHADAP NYERI PUNGGUNG PADA IBU HAMIL TRIMESTER III DI PMB RINA DAN PMB IDA KOTA DEPOK

THE EFFECTIVENESS OF PRENATAL YOGA ON BACK PAIN IN TRIMESTER III PREGNANT WOMEN IN PMB RINA AND PMB IDA, DEPOK CITY

  • Rut Yohana Girsang Politeknik Tiara Bunda
Keywords: Prenatal Yoga, Nyeri Punggung, Kehamilan

Abstract

Selama masa kehamilan biasanya banyak keluhan atau ketidaknyamanan yang biasa terjadi. Salah satunya yaitu nyeri punggung yang terjadi pada ibu hamil trimester III. Salah satu upaya untuk mengatasi keluhan nyeri punggung adalah prenatal yoga. Prenatal yoga dapat melenturkan otot-otot disekitar tulang punggung dan melenturkan tubuh.

Tujuan penelitian untuk mengetahui efektivitas prenatal yoga terhadap nyeri punggung pada ibu hamil trimester III.

Metode penelitian ini menggunakan desain One Group Pre Test-Posttest menggunakan metode eksperimental. Sampel dalam penelitian ini yaitu ibu hamil trimester III yang mengalami nyeri punggung dengan besar sampel 32 responden. Pengambilan sampel ini dengan menggunakan metode Total Sampling dan alat ukur yang digunakan adalah Visual Analog Scale (VAS).

Hasil penelitian menunjukkan sebelum dilakukan Prenatal Yoga ibu hamil trimester III mengalami nyeri sedang sebanyak 31 orang (96,9%) sedangkan setelah dilakukan Prenatal Yoga menjadi nyeri ringan sebanyak 29 orang (90,6%). Uji statistic yang digunakan pada penelitian ini adalah uji Wilcoxon dan diperoleh nilai significancy p value = 0,00 (p lebih besar dari 0,05) artinya ada perbedaan yang bermakna terhadap nyeri punggung sebelum dan sesudah prenatal yoga. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan dapat diterapkan teknik prenatal yoga khususnya untuk mengatasi keluhan nyeri punggung pada ibu hamil trimester III.

Kesimpulan dari penelitian ini terdapat efektivitas prenatal yoga terhadap nyeri punggung pada ibu hamil trimester III.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-09-30
How to Cite
Girsang, R. (2022). EFEKTIVITAS PRENATAL YOGA TERHADAP NYERI PUNGGUNG PADA IBU HAMIL TRIMESTER III DI PMB RINA DAN PMB IDA KOTA DEPOK. Bunda Edu-Midwifery Journal (BEMJ), 5(2), 86-93. https://doi.org/10.54100/bemj.v5i2.74

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.