PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU HAMIL TENTANG TABLET BESI DI PUSKESMAS TEMPURSARI KABUPATEN LUMAJANG

KNOWLEDGE AND ATTITUDE OF PREGNANT WOMEN ABOUT IRON TABLETS IN TEMPURSARI PUSKESMAS, LUMAJANG REGENCY

  • Elin Soyanita Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri
Keywords: Pengetahuan, sikap, tablet besi

Abstract

Latar belakang : Anemia merupakan suatu keadaan yang menggambarkan kadar hemoglobin dalam darah atau jumlah eritrosit dalam darah kurang dari nilai standar atau normal. Badan kesehatan dunia menyebutkan bahwa dari tahun 2006 frekuensi kejadian anemia pada kehamilan cukup tinggi yaitu 20 – 29 %. Indonesia termasuk dalam negara berkembang dengan jumlah ibu hamil yang mengalami anemia akibat kekurangan zat besi masih tinggi, hal ini ditunjukkan dari hasil riskesdas (2007) bahwa jumlah ibu hamil yang mengalami anemia sebanyak 24,5%. Tujuan : Penelitian ini untuk menganalisis hubungan pengetahuan dan sikap ibu hamil tentang Tablet Besi. Metode : penelitian analitik dengan metode pendekatan crossectional. Yang menjadi Populasi dalam penelitian adalah ibu hamil trimester III yang melakukan kunjungan anc ke wilayah kerja Puskesmas Tempursari Kabupaten Lumajang. variabel independent yaitu pengetahuan dan variabel dependent adalah sikap. Analisa bivariat menggunakan uji statistik Kai Kuadrat (Chi Square). Hasil : sebagian besar ibu hamil yang mempunyai pengetahuan baik yaitu 51 ibu hamil (54,8%). sebagian besar ibu hamil bersikap positif tentang tablet Besi yaitu 76 responden (81,7%). Ada hubungan antara pengetahuan dan sikap ibu hamil tentang tablet besi (P = 0,001). Simpulan : ada hubungan antara pengetahuan dan sikap ibu hamil tentang tablet besi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-30
How to Cite
Soyanita, E. (2019). PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU HAMIL TENTANG TABLET BESI DI PUSKESMAS TEMPURSARI KABUPATEN LUMAJANG. Bunda Edu-Midwifery Journal (BEMJ), 2(2), 24-28. Retrieved from https://bemj.e-journal.id/BEMJ/article/view/5
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.