Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Pendekatan Modelling Terhadap Pengetahuan Ibu Dalam Menstimulasi Tumbuh Kembang Bayi 3-6 Bulan Di Puskesmas Talise

Authors

  • Nur Eka Dyastuti Universitas Widya Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.54100/bemj.v7i2.409

Keywords:

Bayi, Tumbuh Kembang, Kesehatan, Pendidikan

Abstract

Rendahnya kemampuan anak disebabkan oleh kurangnya kegiatan yang bisa merangsang motorik halus anak. Kemampuan ibu-ibu dalam deteksi dini gangguan perkembangan anak balita, terutama di pedesaan, masih relatif rendah. Tujuan penelitian yaitu diketahuinya pengaruh pendidikan kesehatan dengan pendekatan modelling terhadap pengetahuan ibu dalam menstimulasi tumbuh kembang bayi 3-6 bulan di Puskesmas Talise. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 34 ibu yang mempunyai balita dengan teknik pengambilan cluster sampling. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa  berdasarkan hasil uji Wilcoson  0.005 < (α 0,05) maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara pengetahuan ibu dalam menstimulasi tumbuh kembang bayi 3-6 bulan di Puskesmas Talise.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-04-26

How to Cite

Nur Eka Dyastuti. (2024). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Pendekatan Modelling Terhadap Pengetahuan Ibu Dalam Menstimulasi Tumbuh Kembang Bayi 3-6 Bulan Di Puskesmas Talise. Bunda Edu-Midwifery Journal (BEMJ), 7(2), 281–288. https://doi.org/10.54100/bemj.v7i2.409