Analisis Faktor Yang Memengaruhi Kepuasan Pasien Peserta BPJS Pada Pelayanan Rawat Inap RS Bhayangkara Tk. II Medan Tahun 2023
Analysis of Factors Affecting BPJS Patient Satisfaction in Inpatient Services at Bhayangkara Hospital Level II Medan in 2023
DOI:
https://doi.org/10.54100/bemj.v8i1.314Keywords:
Kepuasan Pasien, BPJS, Rawat InapAbstract
Dalam mengukur kualitas jasa pelayanan (service quality) dapat digunakan lima dimensi 4 kualitas jasa, kelima karakteristik dimensi tersebut antara lain adalah Bukti Fisik (Tangible), Kehandalan (reliability), Ketanggapan (responsiveness), Jaminan (Assurance), dan Empati (Empathy). Tujuan penelitian yaitu Menganalisis Faktor yang memengaruhi Kepuasan Pasien Peserta BPJS Pada Pelayanan rawat inap RS Bhayangkara Tk. II Medan Tahun 2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di Rawat Inap RS Bhayangkara Tk.II Medan, dilakukan mulai bulan September 2002 sampai Agustus 2023. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 54 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan ada pengaruh tangibel (bukti fisik), emphaty, reliability, responsiveness, dan assurance terhadap kepuasan pasien pasien peserta BPJS Pada Pelayanan Rawat Inap RS Bhayangkara Tk. II Medan Tahun 2023 dengan hasil uji statistik dengan menggunakan uji chi square, diperoleh hasil perhitungan p value < 0,05. Dimana dari 5 variabel, faktor tangibel adalah faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap Kepuasan Pasien peserta BPJS Pada Pelayanan Rawat Inap RS Bhayangkara Tk. II Medan Tahun 2023 dengan OR 0.632 artinya peluang tangibel (bukti fisik) lebih besar 0.553 kali lipat dapat memberikan kepuasan pasien dalam pelayanan Pasien Peserta BPJS Pada Pelayanan Rawat Inap RS Bhayangkara Tk. II Medan Tahun 2023. Diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan responden tentang pentingnya alur dan prosedur dalam pelayanan kesehatan peserta BPJS Pada Pelayanan Rawat Inap RS Bhayangkara Tk. II Medan.