Program Edukasi Sleep Hygiene Meningkatkan Pengetahuan Ibu Hamil: A Quasi Experimental Study
Sleep Hygiene Education Program Improves Pregnant Women's Knowledge: A Quasi Experimental Study
DOI:
https://doi.org/10.54100/bemj.v8i1.308Keywords:
Pengetahuan, Edukasi, Kehamilan, Sleep HygieneAbstract
Gangguan tidur memengaruhi hingga 97% perempuan selama kehamilan. Gangguan tidur dapat menyebabkan komplikasi dan morbiditas yang signifikan bagi ibu hamil dan bayinya. Tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan secara umum, terutama selama kehamilan. Oleh karena itu, penting untuk mendidik ibu hamil tentang sleep hygiene. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efektivitas dua jenis program edukasi sleep hygiene yang diberikan kepada ibu hamil menggunakan video animasi dan flyer, dalam meningkatkan pengetahuan tentang sleep hygiene. Penelitian quasi eksperimen ini dilakukan terhadap 108 ibu hamil yang dipilih dan dimasukkan secara berurutan ke dalam kelompok video animasi dan flyer, serta mendapatkan edukasi sleep hygiene selama 18 hari. Kuesioner pengetahuan yang telah divalidasi diisi oleh kedua kelompok. Uji Wilcoxon digunakan untuk analisis. Skor pengetahuan rata-rata (SD) adalah 65,9 (17,6) dan 84,2 (11,9) pada kelompok video dan 58,3 (11,2) dan 74 (10,7) pada kelompok brosur pada hari pertama dan ke-18, jadi ada perbedaan signifikan dalam hal perilaku kebersihan tidur antara kelompok video animasi dan flyer pada hari ke-18 (p 0,000). Ibu hamil yang mendapatkan edukasi kebersihan tidur dengan video animasi memiliki peningkatan pengetahuan yang lebih banyak daripada yang mendapatkan flyer (26 lebih dari 24,5). Oleh karena itu, edukasi sleep hygiene dengan video animasi sebagai strategi awal penting dan lebih efektif dalam mencegah insomnia.