Pengaruh Edukasi Terhadap Sikap Tentang Perubahan Psikologi Ibu Nifas Pada Suami

Authors

  • Rika Universitas Syekh Yusuf Almakassari Gowa
  • Hijrawati Universitas Syekh Yusuf Almakassari Gowa

DOI:

https://doi.org/10.54100/bemj.v8i1.280

Keywords:

Edukasi, Nifas, Perubahan Psikologi

Abstract

Latar Belakang Tingginya penyakit gangguan emosional yang terjadi di Tanah Air masih menjadi masalah besar, depresi pasca melahirkan dapat berdampak negatif pada ibu, anak, dan keluarga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh edukasi terhadap sikap tentang perubahan psikologi inu nifas pada suami di RSUD Syekh Yusuf Gowa. Metode : Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan Quasi experiment one groub pre dan post test. sampel dalam penelitian ini adalah ibu post partum sebanyak 31 responden dengan teknik Total sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner. Analisis data menggunakan uji statistik wilcoxon dengan tingkat signifikan α = 0,05. Hasil : sikap ibu sebelum dilakukan pemberian edukasi tentang perubahan psikologi ibu nifas pada suami sebanyak 7 orang ibu ( 23.3%) yang memiliki sikap positive dan 23 orang ibu (76.7%) yang memiliki sikap negative. Setelah dilakukan pemberian edukasi tentang perubahan psikologi ibu nifas pada suami seluruh responden memiliki sikap yang positive terhadap perubahan psikologi ibu nifas terhadap suami. Analisis : Hasil analisis data mengenai pengaruh pemberian edukasi tentang perubahan psikologi ibu nifas pada suami diperoleh nilai P-Value sebesar 0.000 yang berarti nilai Sig < 0.00 sehingga dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh pemberian terhadap perubahan sifat pada ibu nifas. Kesimpulan : Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pemberian edukasi dapat mempengaruhi perubahan sikap pada ibu nifas.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-03-05

How to Cite

Rika, & Hijrawati. (2025). Pengaruh Edukasi Terhadap Sikap Tentang Perubahan Psikologi Ibu Nifas Pada Suami. Bunda Edu-Midwifery Journal (BEMJ), 8(1), 744–750. https://doi.org/10.54100/bemj.v8i1.280

Issue

Section

Articles