Pengaruh Kemampuan Bahasa Melalui Stimulasi Buku Cerita Bergambar
The Influence of Language Ability Through Picture Story Book Stimulation
DOI:
https://doi.org/10.54100/bemj.v7i2.243Keywords:
Kemampuan Bahasa, Stimulasi Buku Cerita, Speech DelayAbstract
Keterlambatan berbicara (speech delay) merupakan salah satu gangguan perkembangan pada anak. Speech delay merupakan terjadinya keterlambatan balita dari segi berbicara dan bahasa yang tidak sesuai dengan perkembangan usianya. Permasalahan speech delay seringkali mempengaruhi anak khususnya dalam bidang akademik karena masalah perkembangan bicara secara tidak langsung akan menyulitkan anak khususnya dalam bidang akademik. Selain itu, anak yang memiliki kesulitan bicara juga biasanya memiliki masalah dalam aspek sosial. Hal tersebut akan mempengaruhi interaksi sosial anak dengan lingkungan sosial yang akan sangat mempengaruhi perkembangannya. Metode bercerita melalui cerita bergambar merupakan intervensi dini yang banyak dipilih untuk menstimulasi kemampuan bicara pada anak dengan speech delay. Tujuan Penelitian ini adalah untuk melihat seberapa efektif intervensi cerita bergambar dalam stimulasi biacara pada anak, penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan teknik pengambilan sampel accidental sample. Penelitian dilakukan dengan melakukan intervensi cerita bergambar sebagai stimulasi bicara pada anak dengan speech delay. Hasil analisis peningkatan jumlah kosakata dan kelancaran berbicara dievaluasi pada saat sebelum dan sesudah intervensi. Penelitian ini dilakukan pada 15 responden kelompok intervensi cerita bergambar Hasil analisis membandingkan seberapa efektif cerita bergambar dibandingkan dengan pembelajaran konvensional sebagai upaya stimulasi bicara pada anak dengan gangguan perkembangan speech delay. Hasil penelitian didapatkan bahwa analisis perkembangan bahasa mengalami pengaruh yang signifikan, dimana peningkatan setelah stimulasi buku cerita bergambar sebesar 20%.