Hubungan Pengaruh Teman Sebaya Dengan Kejadian Perilaku Kekerasan Seksual Pada Remaja Di SMKN X Kota Batam

The Relationship Between Peer Influence and Incidents of Sexual Violence in Adolescents at SMKN X Batam City

Authors

  • Aminah Aatinaa Adhyatma Universitas Awal Bros
  • Septi Maisyaroh Ulina Panggabean Universitas Awal Bros
  • Mey Dilla Sari Sinaga Universitas Awal Bros

DOI:

https://doi.org/10.54100/bemj.v7i2.220

Keywords:

Remaja, Teman Sebaya, Kekerasan Seksual

Abstract

Latar Belakang: Peningkatan aktivitas seksual remaja yang tidak diimbangi dengan edukasi yang tepat, dapat meningkatkan risiko remaja menjadi pelaku kekerasan  seksual atau menjadi korban pelaku kekerasan seksual. Kekerasan seksual pada remaja dapat mengakibatkan dampak baik jangka pendek maupun jangka panjang, termasuk psikopatologi di kemudian hari. Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi SMK Negeri X sebanyak 74 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner tentang pengaruh teman sebaya dan perilaku kekerasan seksual yang sudah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan analisis Univariat dan Bivariat menggunakan uji statistik Chi Square. Hasil: Hasil uji statistik diperoleh bahwa p value 0,000 kurang dari α (0,05), hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pengaruh teman sebaya dengan kejadian perilaku kekerasan seksual pada remaja.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-07-31

How to Cite

Adhyatma, A. A., Panggabean, S. M. U., & Sinaga, M. D. S. (2024). Hubungan Pengaruh Teman Sebaya Dengan Kejadian Perilaku Kekerasan Seksual Pada Remaja Di SMKN X Kota Batam: The Relationship Between Peer Influence and Incidents of Sexual Violence in Adolescents at SMKN X Batam City. Bunda Edu-Midwifery Journal (BEMJ), 7(2), 317–324. https://doi.org/10.54100/bemj.v7i2.220

Issue

Section

Articles