HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN TEKNIK MENYUSUI YANG BENAR PADA IBU NIFAS DI PUSKESMAS SENTANI KABUPATEN JAYAPURA TAHUN 2017

RELATIONSHIP OF KNOWLEDGE WITH CORRECT BREASTFEEDING TECHNIQUES IN PUBLIC MOTHERS IN PUSKESMAS SENTANI, JAYAPURA REGENCY IN 2017

  • Susi Lestari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jayapura
Keywords: hubungan, pengetahuan, teknik menyusui

Abstract

Latar belakang: Teknik Menyusui yang Benar pada ibu nifas adalah cara pemberian ASI dari ibu ke bayi dengan perlekatan yang benar. Dalam proses menyusui sering terjadi masalah seperti puting susu lecet sehingga menghambat pemberian ASI kepada bayi. Pada tahun 2014 cakupan pemberian ASI Eksklusif di Indonesia hanya 52,3% sedangkan angka yang diharapkan yaitu 80%.

Tujuan: Mengetahui hubungan pengetahuan dengan Teknik Menyusui yang Benar pada ibu nifas pada di Puskesmas Sentani Kabupaten Jayapura.

Metode: Penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional, populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu nifas dengan jumlah 303 ibu nifas dan besar sampel sebanyak 75 responden dimana pengambilan sampel menggunakan teknik Non Probability dengan cara Accidental Sampling.

Hasil: Berdasarkan hasil penelitian ibu yang melakukan teknik menyusui dengan benar dengan pengetahuan baik sebanyak 14 (18,7) dan data terendah pada ibu yang melakukan teknik menyusui dengan tidak benar dengan pengetahuan kurang sebanyak 24 (33,0%). Hasil uji statistik hubungan pengetahuan dengan teknik menyusui diperoleh nilai p-value 0,001 yang artinya ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan dengan teknik menyusui yang benar pada ibu nifas. Dengan nilai koefisien kontingensi yang menunjukan hasil 0,622 yang artinya terdapat korelasi atau hubungan yang erat antara pengetahuan dengan teknik menyusui.

Kesimpulan: Dari penelitian ini didapatkan hubungan yang bermakna antara pengetahuan dengan teknik menyusui yang benar pada ibu nifas dengan nilai p-value 0,001 dan nilai koefisien kontingensi 0,622 yang artinya keeratan hubungannya adalah kuat. Saran meningkatkan motivasi bidan dalam memberikan pelayanan kesehatan pada ibu nifas dengan cara melakukan kunjungan rumah agar bisa mempraktekkan secara langsung Teknik Menyusui yang Benar pada ibu nifas sehingga ibu dapat memberikan ASI pada bayinya dengan sehingga dapat mengurangi kesakitan yang dialami saat menyusui.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-04-07
How to Cite
Lestari, S. (2020). HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN TEKNIK MENYUSUI YANG BENAR PADA IBU NIFAS DI PUSKESMAS SENTANI KABUPATEN JAYAPURA TAHUN 2017. Bunda Edu-Midwifery Journal (BEMJ), 2(1), 10-13. Retrieved from https://bemj.e-journal.id/BEMJ/article/view/22
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.