Pengaruh Interaksi Teman Sebaya Terhadap Kecenderungan Perilaku Bullying

The Influence of Peer Interaction on the Tendency of Bullying Behavior

Authors

  • Tinta Julianawati Universitas Awal Bros
  • Fitriani Fitriani Universitas Awal Bros
  • Fitri Arnanda Universitas Awal Bros

DOI:

https://doi.org/10.54100/bemj.v7i2.200

Keywords:

Interaksi, Teman, Sebaya, Bullying

Abstract

Bullying merupakan suatu tindakan atau perilaku menyakiti baik dalam bentuk fisik, verbal, psikologis maupun bullying di media sosial yang dilakukan oleh seseorang maupun sekelompok orang yang merasa lebih kuat kepada korban yang lebih lemah secara fisik, mental, dan psikologis dengan tujuan melukai perasaan/membuat tertekan yang bisa dilakukan secara berkalikali. Faktor terjadinya bullying diantaranya adalah peran teman sebaya. Tujuan Penelitian: Mengetahui hubungan interaksi teman sebaya dengan bullying pada remaja di SMP Negeri 40  Batam. Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif  yang bersifat analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportionate Random Sampling dengan sampel 127 responden. Instrument penelitian ini menggunakan kuesioner. Hasil penelitian dianalisis menggunakan uji Kendall Tau. Hasil Penelitian: interaksi teman sebaya dalam penelitian ini sebagian besar siswa mendapatkan tekanan teman sebaya berada pada kategori tinggi sebanyak 50 orang (56.8 persen) sedangkan siswa dengan tekanan teman sebaya berada pada kategori rendah sebanyak 38 orang (43.2 persen).  Simpulan dan saran: Interaksi teman sebaya yang tinggi akan meningkatkan perilaku bullying, sebaliknya jika tekanan teman sebaya rendah maka perilaku bullying juga rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-07-31

How to Cite

Julianawati, T., Fitriani, F., & Arnanda, F. (2024). Pengaruh Interaksi Teman Sebaya Terhadap Kecenderungan Perilaku Bullying: The Influence of Peer Interaction on the Tendency of Bullying Behavior. Bunda Edu-Midwifery Journal (BEMJ), 7(2), 305–309. https://doi.org/10.54100/bemj.v7i2.200

Issue

Section

Articles