PENGARUH AROMATHERAPY LAVENDER TERHADAP KUALITAS TIDUR IBU HAMIL TRIMESTER III

THE EFFECT OF LAVENDER AROMATHERAPY ON QUALITY OF SLEEP OF PREGNANT WOMEN IN TRIMESTER III

  • Lia Natalia Universitas Yayasan Pendidikan Imam Bonjol Majalengka
  • Hidni Febriantari Universitas Yayasan Pendidikan Imam Bonjol Majalengka
  • Idris Handriana Universitas Yayasan Pendidikan Imam Bonjol Majalengka
Keywords: aromatherapy lavender, kualitas tidur

Abstract

Pendahuluan. Kualitas tidur ibu hamil sangat perlu diperhatikan hal ini karena ibu hamil yang kekurangan waktu tidurnya atau gangguan tidur dapat meningkatkan risiko meningginya tekanan darah saat hamil menjadi empat kali lipat. Hasil studi bahwa 3 dari 5 ibu hamil mengatakan mengalami gangguan tidur karena gelisah dan tidur larut malam, sering bangun di malam hari 3-4 kali dan 2 orang lagi berkata sulit untuk mulai tidur karena gerakan janin yang aktif. Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aromatherapy lavender terhadap kualitas tidur ibu hamil trimester III di PMB Hj. Dewi Mulyati S.ST Kabupaten Majalengka Tahun 2023. Metode. Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperiment dengan one group pretest-posttest design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh ibu bersalin sebanyak 18 ibu hamil trimester III san sampelnya 15 orang dengan teknik purposive sampling. Instrumennya menggunakan kuesioner, lembar observasi dan SOP. Analisis datanya menggunakan analisis univariat dengan distribusi tendensi sentral dan analisis bivariat dengan uji wilxocon. Hasil dan Kesimpulan. Rata-rata kualitas tidur pada ibu hamil trimester III sebelum pemberian aromatherapy lavender sebesar 11,60 dan menurun sesudah pemberian aromatherapy lavender menjadi 7,33. Terdapat pengaruh aromatherapy lavender terhadap kualitas tidur ibu hamil trimester III dengan r value sama dengan 0,001. Disarankan bidan atau petugas kesehatan dapat menjadikan aromatherapy lavender sebagai cara alternatif penanganan pada ibu hamil yang mengalami gangguan tidur, memberikan bimbingan dan konseling pada ibu hamil tentang kualitas tidur pada masa kehamilan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-02-29
How to Cite
Natalia, L., Febriantari, H., & Handriana, I. (2024). PENGARUH AROMATHERAPY LAVENDER TERHADAP KUALITAS TIDUR IBU HAMIL TRIMESTER III. Bunda Edu-Midwifery Journal (BEMJ), 7(1), 249-257. https://doi.org/10.54100/bemj.v7i1.182
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.