PENGARUH PEMBERIAN BUAH PISANG BATU TERHADAP PENINGKATAN KADAR HEMOGLOBIN REMAJA PUTRI TAHUN 2023

THE EFFECT OF FEEDING BALANA FRUIT ON INCREASING HEMOGLOBIN LEVELS IN TEENAGE WOMEN IN 2023

  • Rati Purwati Universitas Dharmas Indonesia
  • Ita Dwiaini Universitas Dharmas Indonesia
Keywords: Kadar Hemoglobin, Pisang Batu, Remaja Putri

Abstract

Remaja adalah usia roduktif yang harus diperhatikan tumbuh kembangnya, tumbuh kembang pada masa remaja yang optimal tergantung dari asupan nutrisi yang diberikan sehingga sangat berpengaruh pada keadaan status gizi. Salah satu masalah gizi yang sering terjadi pada remaja yang berkaitan dengan terjadinya angka kematian ibu (AKI) adalah anemia gizi besi, Anemia merupakan kasus yang paling sering dijumpai di masyarakat terutama pada remaja putri. (Apeles Lexi Lonto, Drs. Jan Rattu and Telly Delly Wua, S.Th., 2023) . Kelompok yang beresiko tinggi menderita anemia salah satunya adalah remaja putri. penelitian ini menganalisis pengaruh pemberian buah pisang batu terhadap peningkatan kadar hemoglobin remaja putri. Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh pemberian buah pisang batu terhadap peningkatan kadar hemoglobin remaja putri di SMA Negeri Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre-experiment dengan rancangan penelitian pretest posttest. Analisa data dengan menggunakan uji paired sample t-test. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 209 orang dan sampel berjumlah 40 orang yang diambil dengan menggunkan teknik purposive sampling dengan kriteria inklusi remaja yang memiliki kadar HB kurang dari 0,05. Kesimpulannya terdapat pengaruh pemberian buah pisang batu terhadap peningkatan kadar hemoglobin remaja putri di SMAN Sitiung Kabupaten Dharmasraya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-02-10
How to Cite
Purwati, R., & Dwiaini, I. (2024). PENGARUH PEMBERIAN BUAH PISANG BATU TERHADAP PENINGKATAN KADAR HEMOGLOBIN REMAJA PUTRI TAHUN 2023. Bunda Edu-Midwifery Journal (BEMJ), 7(1), 161-165. https://doi.org/10.54100/bemj.v7i1.168
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.