FAKTOR – FAKTOR PENYEBAB IBU HAMIL KEKURANGAN ENERGI KRONIS (KEK) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS UEKULI

FACTORS CAUSING PREGNANT WOMEN'S CHRONIC ENERGY DEFICIENCY (KEK) IN THE WORKING AREA OF THE UEKULI PUSKESMAS

  • Fany Lairin Djala STIKES Husada Mandiri Poso
  • Sri Hardiyanti Stikes Husada Mandiri Poso
  • Risma Putri Utama Stikes Husada Mandiri Poso
Keywords: Ibu Hamil, Kekurangan Energi Kronik, KEK

Abstract

Latar Belakang : Kekurangan Energi Kronis (KEK) pada masa kehamilan ditandai oleh rendahnya cadangan energi dalam jangka waktu cukup lama yang diukur dengan Lingkar Lengan Atas (LILA) kurang dari 23,5 cm. KEK pada ibu hamil dapat disebabkan oleh faktor umur, pendidikan, paritas, dan pendapatan. Tujuan : Untuk mengetahui faktor-faktor penyebab Ibu Hamil Kekurangan Energi Kronis (KEK) di Wilayah Kerja Puskesmas Uekuli. Metode Penelitian : Menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus yang menggunakan sampel yaitu Ibu Hamil yang berada di Wilayah Kerja Puskesmas Uekuli yang didiagnosis menderita KEK. Hasil : menunjukkan dari 30 responden ibu hamil dengan Kekurangan Energi Kronis (KEK) diwilayah kerja Puskesmas Uekuli terbanyak terjadi pada umur 20-35 tahun berjumlah 22 orang (73,3%), Terdapat 16 orang (53,3 persen) multigravida dan primigravida sebanyak 14 orang (46,7 persen). Terbanyak pada pendidikan SMA yaitu berjumlah 11 orang (36,7 persen). Terbanyak pendapatan kurang dari 1.500.000 berjumlah 20 orang (66,7 persen). Kesimpulan : Kekurangan Energi Kronis (KEK) pada ibu hamil diwilayah kerja Puskesmas Uekuli terbanyak terjadi pada umur 20-35 tahun dengan  multigravida dan primigravida. Terbanyak pada pendidikan SMA  dan terbanyak pendapatan kurang dari 1.500.000.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-02-07
How to Cite
Djala, F., Hardiyanti, S., & Utama, R. (2024). FAKTOR – FAKTOR PENYEBAB IBU HAMIL KEKURANGAN ENERGI KRONIS (KEK) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS UEKULI. Bunda Edu-Midwifery Journal (BEMJ), 7(1), 139-145. https://doi.org/10.54100/bemj.v7i1.164
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.