PENGARUH AROMATERAPI LAVENDER TERHADAP TINGKAT KECEMASAN PADA IBU BERSALIN

THE EFFECT OF LAVENDER AROMATHERAPY ON ANXIETY LEVELS IN PARTICULAR WOMEN

  • Dian Fitriyani Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Karsa Husada Garut
  • Teti Hartini Politeknik Bhakti Asih Purwakarta
Keywords: Ibu Bersalin, Kecemasan, Aromaterapi Lavender

Abstract

Kecemasan menghadapi persalinan adalah situasi yang selalu dialami oleh setiap ibu hamil. Laporan dari kementrian Kesehatan RI menyatakan, jumlah ibu hamil yang terdeteksi mengalami kecemasan di Indonesia sebanyak 379.000.000 ibu hamil. Berbagai faktor dapat menjadi penyebab kecemasan pada ibu hamil. Dukungan keluarga dan paritas berpengaruh pada tingkat kecemasan ibu hamil. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh aromaterapi lavender terhadap tingkat tingkat kecemasan ibu bersalin di PMB Ny. T. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan melakukan pendekatan pre and posttest two group design. Dengan populasi sebnayak 30 orang ibu bersalin dan besaran sampel menggunakan total sampling. Terdapat pengaruh yang signifikan antara pemberian aromaterapi lavender dengan tingkat kecemasan Ibu Bersalin di PMB Ny. T (Hasil uji statistik didapatkan nilai p value=0,043), Perlunya mengadakan penyuluhan kesehatan kehamilan agar tingkat kecemasan pada ibu hamil dapat diturunkan. Perlunya untuk melakukan edukasi mengenai masalah kecemasan pada ibu bersalin.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-02-01
How to Cite
Fitriyani, D., & Hartini, T. (2024). PENGARUH AROMATERAPI LAVENDER TERHADAP TINGKAT KECEMASAN PADA IBU BERSALIN. Bunda Edu-Midwifery Journal (BEMJ), 7(1), 19-29. https://doi.org/10.54100/bemj.v7i1.163
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.