HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DENGAN PERILAKU PERSONAL HYGIENE SAAT MENSTRUASI PADA REMAJA PUTRI KELAS 9 DI SMPN 1 LONG BAGUN TAHUN 2023

RELATIONSHIP BETWEEN KNOWLEDGE AND BEHAVIOR PERSONAL HYGIENE DURING MENSTRUATION FEMALE ADOLESCENTS IN CLASS 9 AT SMPN 1 LONG BAGUN IN 2023

  • Natalia Karuhe Ding Poltekkes Kemenkes Kalimantan Timur
  • Gajali Rahman Poltekkes Kemenkes Kalimantan Timur
  • Rosalin Ariefah Putri Poltekkes Kemenkes Kalimantan Timur
  • Dwi Hendriani Poltekkes Kemenkes Kalimantan Timur
Keywords: menstruasi, pengetahuan, perilaku personal hygiene

Abstract

Pendahuluan: Menstruasi adalah peristiwa penting bagi remaja dimana proses keluarnya darah dari dalam rahim yang terjadi karena luruhnya dinding rahim karena tidak dibuahi. Pengetahuan tentang personal hygiene saat menstruasi sangat penting dan dibutuhkan untuk membentuk perilaku personal hygiene yang benar saat menstruasi. Tujuan penelitian ini mengetahui hubungan pengetahuan dengan perilaku personal hygiene saat menstruasi pada remaja putri kelas 3 Di SMPN 1 Long Bagun Tahun 2023.

Metode: Jenis penelitian ini adalah “cross sectional”. Populasi penelitian ini adalah siswi kelas III SMPN 1 Long Bagun, Sample diambil dengan total sampling sebanyak 63 siswi. Analisa data yang digunakan adalah chi square.

Hasil: Berdasarkan uji chi square  nilai p value 0.022 < α (0,05), menunjukan Ha diterima dengan menolak Ho yaitu ada hubungan pengetahuan dengan Perilaku Personal Hygiene Saat Menstruasi.

Pembahasan: Kurangnya pengetahuan saat menstruasi berdampak seseorang berperillaku buruk terhadap personal hygiene  saat menstruasi. Beresiko terkena infeksi saluran kemih, keputihan, kanker serviks dan kesehatan reproduksi lainnya. Maka dibutuhkan peran aktif petugas kesehatan untuk memberikan pelayanan dan edukasi kepada siswi. 

Kesimpulan: ada hubungan pengetahuan dengan Perilaku Personal Hygiene Saat Menstruasi pada Remaja Putri Kelas 3 Di SMPN 1 Long Bagun Tahun 2023.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-02-14
How to Cite
Ding, N., Rahman, G., Putri, R., & Hendriani, D. (2024). HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DENGAN PERILAKU PERSONAL HYGIENE SAAT MENSTRUASI PADA REMAJA PUTRI KELAS 9 DI SMPN 1 LONG BAGUN TAHUN 2023. Bunda Edu-Midwifery Journal (BEMJ), 7(1), 177-182. https://doi.org/10.54100/bemj.v7i1.139
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.