HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP EVALUASI HASIL BELAJAR PARTOGRAF PADA MAHASISWA TINGKAT II DIPLOMA III AKADEMI KEBIDANAN BUNGA HUSADA SAMARINDA TAHUN 2017

THE RELATIONSHIP OF LEARNING MOTIVATION TO THE EVALUATION OF PARTOGRAPH LEARNING OUTCOMES IN LEVEL II STUDENTS OF DIPLOMA III ACADEMIC OF MIDWIFE BUNGA HUSADA SAMARINDA 2017

Authors

  • Datin Fidiani Akademi Kebidanan Bunga Husada

Keywords:

Motivasi belajar,, evaluasi,, hasil belajar partograf

Abstract

Hasil belajar akan optimal, kalau ada motivasi. Makin tepat motivasi yang diberikan, akan makin berhasil pula pelajaran itu. Jadi motivasi akan senantiasa menentukan intensitas usaha belajar bagi para mahasiswa. Hasil studi pendahuluan di lahan praktik terutama di RSUD. A. Wahab Syahrani tidak semua mahasiswa Kebidanan bisa mengisi lembar partograf dengan benar, rata-rata dalam penerapannya belum sempurna. Pada saat konsultasi asuhan kebidanan ibu bersalin rata-rata mahasiswa Akbid Bunga Husada belum bisa mengisi lembar prtograf. Hal tersebut yang mendasari dilakukannya penelitian tentang Hubungan Motivasi Belajar terhadap Evaluasi Hasil Belajar Partograf pada Mahasiswa Tingkat II Diploma III Akademi Kebidanan Bunga Husada Samarinda Tahun 2017. Penelitian ini bersifat dekriptif analitik dengan yaitu metode untuk mengetahui hubungan motivasi belajar partograf pada mahasiswa Tingkat II Diploma III Akademi Kebidanan Bunga Husada Tahun 2017, dengan desain penelitian Cross Sectional. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Tingkat II Program Studi Diploma III Akademi Kebidanan Bunga Husada Tahun 2017 dengan jumlah populasi 86 orang. Teknik pengambilan sample dengan total sampling. Tempat penelitian di Akademi Kebidanan Bunga Husada Samarinda. Analisis data menggunakan analisis univariat dengan distribusi frekuensi dan analisis bivariat dengan Chi Square (X2), tingkat kepercayaan 95%. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variable motivasi belajar dengan evaluasi hasil belajar partograf. Hasil pengujian statistik diperoleh nilai X2 hitung = 6.36 lebih dari nilai X2 tabel = 3.84 (p value = 0.012 kurang dari α 0.05), OR = 3.43. Peneliti menyarankan Kepada Institusi pendidikan agar dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa agar tercapai hasil belajar partograf lebih baik. Kepada pengajar agar dapat mempertahankan dan meningkatkan pengetahuan para mahasiswa tentang pentingnya penggunaan partograf dalam setiap tindakan dalam proses persalinan serta meningkatkan motivasi belajar mahasiswa dalam proses pembelajaran sehingga mencapai hasil yang lebih baik. Kepada mahasiswa agar melaksanakan proses pembelajaran yang didasari oleh keinginan menjadi lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-09-08

How to Cite

Fidiani, D. (2018). HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP EVALUASI HASIL BELAJAR PARTOGRAF PADA MAHASISWA TINGKAT II DIPLOMA III AKADEMI KEBIDANAN BUNGA HUSADA SAMARINDA TAHUN 2017: THE RELATIONSHIP OF LEARNING MOTIVATION TO THE EVALUATION OF PARTOGRAPH LEARNING OUTCOMES IN LEVEL II STUDENTS OF DIPLOMA III ACADEMIC OF MIDWIFE BUNGA HUSADA SAMARINDA 2017. Bunda Edu-Midwifery Journal (BEMJ), 1(1), 14–18. Retrieved from https://bemj.e-journal.id/BEMJ/article/view/13

Issue

Section

Articles